Senin, 25 Mei 2015

Home » » Ini Alasan Ashin Wirathu Benci Islam

Ini Alasan Ashin Wirathu Benci Islam

"Saya bangga disebut sebagai Buddhist radikal," ujar Ashin
  
Silakan Klik


Mafaza-Online.Com | RANGOON - Dunia internasional mulai menaruh perhatian besar kepada para pengungsi Rohingya setelah kapal-kapal yang membawa mereka mulai menjadi berita utama di media-media. Meski banyak yang membahas tentang nasib suaka para imigran ini, sedikit yang mencoba mencari akar mengapa ribuan orang ini terlunta-lunta mencari tempat bermukim.

Nama Ashin Wirathu mungkin terdengar asing di telinga banyak orang. Biksu Buddha berusia 45 tahun ini dinilai bertanggung jawab atas terbuangnya kaum Rohingya dari tanah Myanmar, tentu selain pemerintah Myanmar yang gagal mengontrol konflik agama di daerah perbatasan.

BBC menyebut Ashin sebagai provokator kekerasan antimuslim melalui kampanye "969". Ashin percaya ada suatu rencana besar dari muslim untuk mengubah Myanmar menjadi negara Islam. Atas kampanye ini, dia diganjar penjara 25 tahun pada 2003.

Namun, pada 2011, Ashin dibebaskan karena menerima grasi untuk para tahanan politik. Tak jera, Ashin memulai lagi gerakan melawan muslim, terutama di Rakhine barat. Saat itu kondisi konflik komunal di Myanmar sudah sangat tinggi.

Ashin rutin menyebarkan rumor-rumor melalui berbagai media, termasuk DVD dan Internet. Isinya berupa tuduhan menyesatkan, seperti muslim "mengincar gadis Myanmar lugu untuk diperkosa" dan "kolusi".
Tindakan ini membuahkan julukan "Buddhist bin Laden". 
Dan pada sampul majalah Time edisi Juli 2013, dia disebut sebagai "Wajah Teror Buddha", yang kemudian dilarang beredar di Myanmar.

Pemimpin partai sayap kanan ini tak ambil pusing tentang pemberitaan tersebut. "Saya bangga disebut sebagai Buddhist radikal," ujar Ashin.

Alih-alih menghentikan tindakan adu dombanya, pemerintah Myanmar malah mendukung kampanye kebencian Ashin. Sebagai hasilnya, ratusan kematian terjadi, dan 140 ribu muslim Rohingya kehilangan tempat tinggalnya dalam kurun waktu tiga tahun ini.

CARBONATED | URSULA FLORENE SONIA | TEMPO.CO



Silakan klik:
Hanya dengan Rp 50.000 Anda sudah ikut berdakwah

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Ini Alasan Ashin Wirathu Benci Islam . All Rights Reserved