Kamis, 04 September 2014

Home » » Jokowi Siap "Digoyang" Koalisi Merah Putih di Parlemen

Jokowi Siap "Digoyang" Koalisi Merah Putih di Parlemen

SBY, yang sekaligus ketua umum Demokrat, dan sejumlah partai Koalisi Merah Putih menegaskan komitmen sebagai penyeimbang pemerintah


  
Mafaza-Online.Com | JAKARTA - Presiden Terpilih Joko Widodo mengaku tidak gentar menghadapi kekuatan Koalisi Merah Putih (KMP), yang menjadi mayoritas di parlemen nanti. Dia percaya partai-partai pendukungnya cukup mumpuni menghadapi percaturan politik di Senayan.

"Tidak takut. Urusan parlemen itu urusan partai," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Rabu 3 September 2014.

Dia percaya seluruh anggota parlemen akan menghormati sistem yang  menganut sistem presidensial. "Partai oposisi ya tidak apa-apa, kan ini sistem presidensial. Kita kan terbuka sama kerjasama, kalau tidak mau bekerjasama juga tidak apa-apa," tutur dia.

Jokowi menambahkan, baik dirinya begitu pun dengan dewan dipilih langsung oleh rakyat. Jadi menurutnya, kekuasaan sepenuhnya itu ada di tangan rakyat. Kemudian, apabila rakyat sudah percaya memilih dirinya untuk menjadi presiden, dirinya yakin sudah mendapatkan dukungan penuh dari rakyat.

"Kita harus tegas. Presidensil tidak usah campur-campur. Presiden dan anggota dewan juga dipilih rakyat," ujar Jokowi.
Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang sekaligus ketua umum Demokrat, dan sejumlah partai Koalisi Merah Putih menegaskan komitmen sebagai penyeimbang pemerintah.

Hal tersebut seakan menyurutkan langkah Jokowi dan Jusuf Kalla yang dalam beberapa pekan terakhir dikabarkan aktif melobi Partai Demokrat untuk memperkuat parlemen.

Pernyataan SBY ini dianggap semakin membuat kubu oposisi dan netral di DPR bertambah besar dan akan menyulitkan pemerintahan baru.

Di DPR Koalisi Merah Putih didukung oleh lima partai yaitu Gerindra, Golkar, PAN, PPP, dan PKS dengan jumlah kursi 292. Sementara partai propemerintah hanya memiliki 207 kursi. Adapun Partai Demokrat memiliki 61 kursi DPR.

VIVANEWS



Silakan klik: 
 

Share this article :

Posting Komentar