Jumat, 12 September 2014

Home » » Dua Ujian bagi Koalisi Merah Putih

Dua Ujian bagi Koalisi Merah Putih

Ketua DPP Gerindra, Desmon J Mahesa menegaskan kesolidan Koalisi Merah Putih semakin matang salah satunya dipicu Sikap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang angkuh


  
Koalisi Merah Putih | (Foto: Okezone)
Mafaza-Online.Com | JAKARTA - Pengamat Politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandez, menegaskan, ada dua ujian yang akan dihadapi Koalisi Merah Putih dalam waktu dekat.

Pertama, beberapa partai anggota koalisi akan menggelar musyawarah nasional (munas). Jika dalam keputusan munas, partai memutuskan untuk hijrah ke kubu Jokowi, maka hal itu akan sangat mempengaruhi kekuatan koalisi.

“Soliditas anggota partai Koalisi Merah Putih akan buyar kalau ada partai yang memilih menyeberang ke Jokowi-Jusuf Kalla. Apalagi, beberapa partai akan menyelenggarakan musyawarah nasional (munas),” kata Arya, saat berbincang dengan Okezone, Jumat (12/9/2014).

Kedua, lanjut Arya, kasus pengunduran diri Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dari Partai Gerindra terkait sikapnya yang menentang usulan pemilihan kepala daerah melalui DPRD. Hal ini akan berdampak kepada kepala-kepala daerah lainnya yang berasal dari partai anggota Koalisi Merah Putih. Contoh konkretnya, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Bima Arya merupakan kader PAN sedangkan Ridwan Kamil walaupun bukan orang partai, namun dia menjadi Wali Kota diusung oleh Partai Gerindra dan PKS.
“Akan muncul di dalam internal-internal partai pendukung, seperti kasus Ahok. Mereka akan berpikir kembali daripada kehilangan kader potensial,” tuturnya.
Sebelumnya, Ketua DPP Gerindra, Desmon J Mahesa, mengklaim, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih justru semakin solid. Bahkan dirinya mengaku lucu dengan sikap Jokowi yang ngebet menginginkan Partai Demokrat bergabung koalisi. Padahal, saat pemilihan presiden, partai berlambang bintang mercy itu ditolak gabung dalam koalisi Jokowi.

Desmon menegaskan kesolidan Koalisi Merah Putih semakin matang salah satunya dipicu Sikap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang angkuh.

"Koalisi Merah Putih kuat karena keangkuhan Megawati. Megawati angkuh dengan SBY selama 10 tahun. Kami belajar dari Megawati. Harusnya yang menang itu merangkul,” tutupnya.

OKEZONE



Silakan klik:
 


Share this article :

Posting Komentar