Rabu, 30 Juli 2014

Home » » Susunan Kabinet, Ujian bagi Ketegasan Jokowi

Susunan Kabinet, Ujian bagi Ketegasan Jokowi


Dalam sistem multipartai seperti di Indonesia, hasrat bagi-bagi kekuasaan yang bisa tercermin dalam penyusunan kabinet sulit diterapkan


 
Mafaza-Online.Com | SEMARANG - Analis politik dari Universitas Diponegoro Semarang, Mochmad Yulianto menilai penyusunan kabinet bakal menjadi ujian bagi ketegasan Joko Widodo-Jusuf Kala.

"Itu (penyusunan kabinet) pasti akan menjadi ujian bagi Jokowi dalam menghadapi intervensi bahkan tekanan dari parpol-parpol pengusung pasangan tersebut," katanya, Rabu (30/7).

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang itu menambahan daftar nama menteri dan pejabat tinggi setingkat menteri yang diminta bergabung juga bakal menjadi ujian bagi keberanian Jokowi-Kalla dalam membentuk kabinet ahli (zaken) dan profesional.


"Penyusunan kabinet tersebut tentu mudah bertentangan dengan hasrat kuasa elite parpol pengusung," katanya.

Saat deklarasi Jokowi menjadi capres, mantan Wali Kota Surakarta itu mengatakan tidak ada komitmen bagi-bagi kekuasaan dengan partai pendukung dalam penyusunan kabinet.

Namun beberapa analis menyatakan dalam sistem multipartai seperti di Indonesia, hasrat bagi-bagi kekuasaan yang bisa tercermin dalam penyusunan kabinet sulit diterapkan. Apalagi kebijakan eksekutif dan presiden juga banyak ditentukan oleh kekuatan partai di parlemen.

Menurut Yulianto, untuk mengatasi intervensi dari pihak eksternal dan partai pengusung dalam penyusunan kabinet, bisa dilakukan dengan berbagi figur secara terbuka ke publik untuk memperoleh dukungan politik dan partisipasi publik.
 

REPUBLIKA



Silakan klik:  
 
Share this article :

Poskan Komentar