Kamis, 15 Mei 2014

Home » » Mahfudz Siddiq: SBY Bisa Membentuk Poros Baru

Mahfudz Siddiq: SBY Bisa Membentuk Poros Baru

SBY masih punya pengaruh kuat terhadap parpol anggota koalisinya saat ini. Pengaruh itu memungkinkan SBY memunculkan gelombang koalisi baru yang sangat kuat


  
Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq | (FOTO: Kompas.com/SABRINA ASRIL)
Mafaza-Online.Com | JAKARTA  – Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang belakangan terlihat "mesra" dengan Partai Gerindra, masih membuka komunikasi dengan Partai Demokrat. Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mahfudz Siddiq mengatakan, partainya meyakini bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan membentuk poros baru dan bisa jadi partai-partai koalisi pemerintahan saat ini akan kembali berkumpul.

Mahfudz, sebagaimana dilansir KOMPAS.com, menilai tenangnya arus permukaan politik SBY bukan berarti tidak akan muncul gelombang politik baru. Ia menilai selama ini ingar-bingar koalisi hanya didominasi berita soal Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan sesekali Aburizal Bakrie.


"Banyak orang tidak mengalkukasi Partai Demokrat dan Presiden SBY. Harus diingat, Pak SBY itu masih presiden. Beliau ahli strategi ulung dan partai Demokrat masih signifikan suara dan kursi DPR hasil Pileg 2014," ujar Mahfudz, Selasa (13/5/2014).

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat itu yakin bahwa SBY masih punya pengaruh kuat terhadap parpol anggota koalisinya saat ini. Pengaruh itu, kata Mahfudz, memungkinkan SBY memunculkan gelombang koalisi baru yang sangat kuat.

Apakah ini pertanda bahwa PKS masih berharap terhadap kemungkinan berkoalisi dengan Partai Demokrat? Mahfudz hanya tertawa. "Rahasia," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan bahwa partainya kemungkinan akan membentuk poros koalisi baru. Ruhut yakin bahwa koalisi partai saat ini masih sangat cair dan partai-partai masih berpeluang merapat ke Partai Demokrat. Salah satunya adalah PKS, yang selama ini sering berseberangan sikap dengan Demokrat.

"PKS masih cair karena Pak SBY sangat dekat dengan Ustaz Hilmi (Ketua Majlis Syura PKS Hilmi Aminuddin, red). Dengan PKS dan Hanura, kami masih bisa membuat poros baru," kata Ruhut.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, tim negosiatior Partai Demokrat di PKS adalah Tifatul Sembiring, yang kini menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika. Tifatul juga sempat menyatakan adanya peluang partainya bergabung dengan Partai Demokrat. Dia bahkan mengklaim sudah diajak secara resmi oleh partai pimpinan SBY itu.

Tak hanya itu, Tifatul juga sempat memberikan sinyal kepada SBY dengan memberikan pantun dalam sambutan perubahan nama B Channel menjadi RTV pada 4 Mei lalu. 


"Semangka muda dicicip kelinci. Semoga kita berkoalisi lagi," pesan Tifatul.


Silakan klik:  
Share this article :

Posting Komentar