Sabtu, 12 April 2014

Home » » Mardani Ali Sera: Soal Koalisi, PKS Prioritaskan Partai Islam

Mardani Ali Sera: Soal Koalisi, PKS Prioritaskan Partai Islam

PKS juga mendatangi dan didatangi partai lain, segala kemungkinan ada, termasuk menjadi partai oposisi


  
Juru bicara PKS, Mardani Ali Sera
Mafaza-Online.Com | JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sangat menghargai keterbukaan proses komunikasi dalam penjajakan koalisi dan program-program berbagai partai politik peserta Pemilu Legislatif 2014.

Juru bicara PKS, Mardani Ali Sera, saat ditemui dalam talk show: Polemik Tiki Taka Koalisi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (12/4/2014)mengatakan, pihaknya mengapresiasi keterbukaan partai lain. Dia mengacungkan jempol untuk PDIP dan Partai Gerindra yang secara terbuka mempublikasikan program dan membiarkan masyarakat mengetahui proses penjajakan koalisi. Mardani pun memuji partai-partai yang terbuka mengenai komunikasi penjajakan koalisi dengan partai lain.

“Karena dengan terbuka begitu, masyarakat jadi tahu apa yang dilakukan oleh parpol,” ujarnya.

Menurutnya, dalam kepemimpinan nanti pun para pemimpin dan dewan yang menduduki kursi di DPR pun harus menjaga transparansinya bagi masyarakat. Agar masyarakat semakin percaya dengan kinerja pemerintahan.

Soal koalisi, partainya akan memprioritaskan partai Islam sebagai rekan koalisi.

"Paling enak dengan tetangga dekat dulu, PKS ingin bicara dengan parpol Islam dulu," kata Mardani.

Bagi PKS, syarat utama dalam berkoalisi adalah platform kebijakan yang sama. Karenanya, partai Islam lebih dulu disambangi.

Apabila partai-partai Islam menolak ajakan kerjasama, barulah PKS mempertimbangkan koalisi dengan partai lain. Menurut Mardani, partai berideologi nasionalis religius menjadi prioritas kedua PKS.

"Setelah itu, kalau belum selesai juga baru ke partai nasionalis," ungkapnya.

PKS lebih hati-hati untuk menyelesaikan dulu prosesnya. Quick count itu kan popular vote. Belum elektoral, belum ketahuan jelas kursinya. Jangan sampai nanti merasa besar ternyata perolehan kursinya kecil. Saat ini DPP PKS tengah sibuk  menghitung suara perolehan. Agar amanah suara pemilih tidak sia-sia.


Mardani menjelaskan, tawaran - tawaran yang datang kepada PKS, akan dipertimbangkan. Bagaimana pertemuan dengan Golkar?

"Pertemuannya biasa saja, seperti pertemuan pak Anis dengan pak Surya Paloh, Pak Anis dengan Mahfud MD, yang jelas saat ini belum bisa kami ungkap kepada media dulu lah," tandasnya, ketika ditanyakan pertemuan antara Anis Mata dengan Golkar.

Ditanya kenapa dalam setiap kampanye PKS selalu mengedepankan jargon selangkah menuju istana, baginya politik adalah kepemimpinan dan Istana simbol kepemimpinan itu. Tapi, dia juga tidak menampik untuk menjadi partai oposisi. Baginya dalam politik, segala kemungkinan itu ada, termasuk menjadi partai oposisi.

"PKS punya mekanisme, semua keputusannya ada di tangan majelis syuro, semuanya akan dibahas pada Mei mendatang dalam rapat majelis syuro," kata Mardani.



Silakan klik: 
 



Share this article :

Poskan Komentar