Kamis, 13 Maret 2014

Home » » Tim SAR Siapkan Jalur Evakuasi Warga Lereng Gunung Slamet

Tim SAR Siapkan Jalur Evakuasi Warga Lereng Gunung Slamet


Gunung Slamet, Jateng (11/3) | (Foto: ANTARA/Idhad Zakaria)

Diperkirakan jumlah warga yang harus dievakuasi jika Gunung Slamet meletus mencapai 200.000-an orang karena kubah lava gunung itu mengarah ke barat laut atau sekitar Bumijawa


 

Mafaza-Online.Com|PURWOKERTO - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan menyiapkan jalur evakuasi bagi warga Kabupaten Brebes dan Tegal, Jawa Tengah, yang bermukim di lereng Gunung Slamet untuk mengantisipasi kemungkinan gunung api itu meletus.

"Kami bersama teman-teman dari SAR Bumijawa, Kabupaten Tegal, sedang berkumpul di Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Brebes, untuk membuka jalur evakuasi," kata anggota Tim SAR Brebes, Subhan, lewat telepon kepada Antara di Purwokerto, Kamis.

Menurut dia, Tim SAR juga menyiapkan titik evakuasi di Batursari, Kaliwadas dan Igirklanceng di Kecamatan Sirampog, Brebes.

Sementara di Kabupaten Tegal, lanjut dia, titik evakuasi akan disiapkan di Batumirah, Kecamatan Bumijawa.

Jalur dan lokasi evakuasi disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan Gunung Slamet meletus.

"Hingga saat ini memang belum ada dampak dari peningkatan aktivitas Gunung Slamet. Namun gemuruh yang dikeluarkan Gunung Slamet menjangkau Desa Pandansari, Taman, Igirklanceng, Batursari, dan Kaliwadas," katanya.

Ia memperkirakan jumlah warga yang harus dievakuasi jika Gunung Slamet meletus mencapai 200.000-an orang karena kubah lava gunung itu mengarah ke barat laut atau sekitar Bumijawa.

Namun, dia mengatakan, saat ini warga yang bermukim di desa-desa terdekat dengan puncak Gunung Slamet masih menjalankan aktivitas seperti biasa.

"Mereka hanya menyaksikan lontaran-lontaran material yang dikeluarkan Gunung Slamet," katanya.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes Warseno mengatakan koordinasi dengan instansi terkait terus dilakukan untuk menyiapkan antisipasi kemungkinan terjadinya erupsi Gunung Slamet.

Aktivitas vulkanik Gunung Slamet meningkat dalam beberapa hari terakhir. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Senin (10/3) pukul 21.00 WIB meningkatkan status Gunung Slamet dari normal menjadi waspada.
 

(ANTARA News)

MafazaOnline Peduli (MOP)
MOP Adalah dana yang dihimpun dari pembaca. Untuk dakwah Islam.

Mari bersinergi, Kirim bantuan melalui:

Muamalat Norek: 020 896 7284

Syariah Mandiri norek 069 703 1963

BCA norek 412 1181 643

 
Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama/Alamat/Jumlah/Bank/Peruntukkan (Pilih salah satu) 

1. Desa Binaan 2. Motor Dai 3. Peralatan Shalat 4. Wakaf Al-Qur’an
5. Beasiswa 6. Dunia Islam

 
Syukran Jazakumullah Khairan Katsira
Share this article :

Poskan Komentar