Senin, 24 Maret 2014

Home » » Sistem Demokrasi Mendorong Caleg Jadi Gila

Sistem Demokrasi Mendorong Caleg Jadi Gila

Mahalnya biaya pesta demokrasi sebagai penyebab potensi lahirnya Caleg gila

Mafaza-Online.Com | MAKASSAR - Potensi gila para calon anggota legislatif (Caleg) di Pemilu 2014 terjadi lantaran sistem demokrasi di Indonesia mendorong Caleg menjadi gila.

Pakar Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk mengatakan sistem yang gila pada akhirnya mendorong orang-orang tidak waras mengikuti arus yang telah diciptakan sistem tersebut. Ia memberikan contoh Caleg-Caleg yang meminta penerawangan ke dukun merupakan salah satu indikasinya.

“Sistem kita memberi peluang bagi orang untuk berperilaku tidak realistis. Di sini sumber kegilaan itu sebenarnya,” jelasnya dalam Halaqoh Islam dan Peradaban (HIP) Sulsel seri 42, Sabtu (22/3) di Graha Pena Makassar, bertajuk Potensi Caleg Gila, Meneropong Fenomena Pemilu 2014.

Sistem kompetitif keterbukaan ini, menurut Hamdi, membuat Caleg masuk dalam gelanggang tanpa ada saringan, sehingga sistem yang gila pada akhirnya mendorong orang-orang yang tidak waras mengikuti arus yang diciptakan sistem itu.


“Belum lagi fakta di lapangan, ada di antara para Caleg yang tuna nilai dan tuna moral yang menganggap masuk DPR sebagai bentuk mengisi lahan pekerjaan untuk 560 kursi lowongan pekerjaan yang dapat menghasilkan pundi-pundi duit,” paparnya.

Mahalnya biaya pesta demokrasi diakui Ketua Panwaslu Kota Makassar Amir Ilyas sebagai penyebab potensi lahirnya Caleg gila. Sebab, menurutnya, demokrasi membutuhkan biaya sangat besar hingga membuka peluang juga untuk potensi korupsi dan politik uang.

Faktanya total gaji untuk DPR selama 5 tahun berkisar 5,4 miliar, untuk DPRD sebesar 3,2 miliar, dan untuk DPRD kota sebesar 2,1 miliar. Survei menunjukkan, untuk maju menjadi caleg membutuhkan dana 9 miliar rupiah. 

“Ini baru bicara sistem Caleg. Belum sistem birokrasi,” terang Amir.

Walhasil, harus balik modal plus keuntungannya. Maka, berlangsunglah yang namanya korupsi. Lantas, bagaimana dengan mereka yang tidak terpilih, padahal sudah mengeluarkan uang miliaran rupiah? Itu tadi, bagi yang tak beriman, bisa bikin stres dan bahkan jadi gila!

mediaumat.com




Silakan Klik: 
Share this article :

Poskan Komentar