Rabu, 19 Maret 2014

Home » » Rahasia Diet dalam Rumput Laut

Rahasia Diet dalam Rumput Laut

Rumput Laut | (FOTO: Antara)
Komponen alginat yang ditemukan dalam rumput laut bisa menekan proses pencernaan lemak di dalam usus

Mafaza-Online.Com | KESEHATAN -  Rumput laut bisa menjadi unsur penting dalam upaya penurunan berat badan, kata sejumlah pakar.

Ilmuwan di Universitas Newcastle mengatakan, komponen alginat yang ditemukan dalam rumput laut bisa menekan proses pencernaan lemak di dalam usus.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry menunjukkan bahwa salah satu tipe alginat dapat menurunkan penyerapan lemak hingga 75 persen.

Meskipun tidak dianggap sebagai makanan yang cukup lezat, pakar mengisyaratkan bahwa serat alami yang ditemukan dalam rumput laut bisa menjadi kunci keberhasilan penurunan berat badan.

Ketua penelitian, Prof Jeff Pearson, dari Institut Bioteknologi Sel dan Molekuler, Universitas Newcastle, mengatakan: "Kami mencoba menambahkan alginat pada roti, dan tes awal menunjukkan rasa yang sangat menggembirakan."

Atasi Obesitas?

Sekarang langkah selanjutnya adalah melakukan uji klinis untuk mengetahui seberapa efektif alginat bila dimakan sebagai bagian dari diet yang normal.

Peneliti dalam uji coba ini menyelidiki kemampuan alginat untuk mengurangi lemak yang diurai oleh oleh enzim pencernaan, lipase pankreas.

Semakin sedikit enzim ini bekerja, penyerapan lemak akan menjadi lebih sedikit.

Sementara itu, mereka mengatakan hal ini bisa membantu melawan obesitas, ahli diet yang lain mengatakan cara terbaik untuk menghindari penyerapan lemak yang terlalu banyak adalah dengan tetap mengurangi jumlah asupan lemak tiap hari.

Obesitas menjadi ancaman yang semakin besar terutama di negara-negara berkembang, kata laporan sebuah lembaga riset di Inggris.

BBCIndonesia



Silakan klik:


Perhimpunan Petani & Nelayan Sejahtera Indonesia PPNSI.Org 



Silakan klik: 
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. Mafaza Online: Rahasia Diet dalam Rumput Laut . All Rights Reserved