Jumat, 01 November 2013

Home » » Sambutan Sekjen Persatuan Rakyat Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2013

Sambutan Sekjen Persatuan Rakyat Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2013

Mahar Prastowo Sekjen Persatuan Rakyat Indonesia
Salam Persatuan!

Pemuda/Pemudi PARI (Persatuan Rakyat Indonesia) di seluruh Indonesia, hari ini, 28 Oktober 2013 marilah kita bersama-sama dalam perenungan mendalam untuk memperingati Sumpah Pemuda, sebuah momentum pemersatuan rakyat berbagai latar belakang etnis, budaya dan agama yang menghantarkan pada arah perjuangan bersama bangsa-bangsa Nusantara, yang menyatukan diri menjadi Bangsa Indonesia, menuju tercapainya Kemerdekaan dan kedaulatan sehingga lahirlah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada hari bersejarah ini, tonggak persatuan telah ditancapkan oleh para pendahulu kita yang rela meletakkan mahkota kekuasaan kedaerahan, meletakkan ego kedaerahan, dan bertekad menjadi satu bangsa dan bertanah air Indonesia, serta menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan,

Untuk itu PARI mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk kembali menjadi bangsa Indonesia sebagaimana dicita-citakan para pendiri bangsa ini, yaitu bangsa yang menghargai perbedaan dengan mengedepankan toleransi, menghargai persamaan hak dan kewajiban sebagai warga negara, mengedepankan kepentingan bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi, kelompok  dan golongan, mengedepankan musyawarah mufakat dalam penyelesaian persoalan, serta berbuat adil terhadap sesama dalam pergaulan sehari-hari dan didalam penegakan hukum.

Pemuda/Pemudi PARI adalah anak-anak bangsa yang aktif dan santun dalam berpolitik, berpegang teguh pada demokrasi Pancasila sebagai ciri khas.

Pemuda/Pemudi PARI adalah anak-anak bangsa yang berbudi pekerti luhur menjunjung tinggi budaya bangsa.

Pemuda/Pemudi PARI adalah anak-anak bangsa yang mencita-citakan kemandirian ekonomi bangsa, dan selalu bersemangat dalam bela Negara demi kedaulatan politik NKRI yang kuat didalam negeri serta berpengaruh di kancah dunia.

Ditengah kekhawatiran akan lunturnya rasa nasionalisme generasi muda saat ini mari merenung sejenak, menengok kembali romantika sejarah perjalanan bangsa Indonesia agar kita tidak kehilangan arah dan tidak lupa akan cita-cita akan kemerdekaan, persatuan, kedaulatan, bangsa Indonesia yang cerdas, keadilan dan kemakmuran.

Mari kembali kita inventarisir kekayaan dan modal bangsa Indonesia: wilayah geografinya, sumber daya manusianya, sumber daya alamnya, untuk maju meraih masa depan gemilang.

Mari kembali kita inventarisir ruh kebangsaan kita yang mempunyai tujuan bersama sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945; peri kehidupan bangsa yang bermartabat sebagaimana menjadi kepribadian bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pancasila dan butir-butirnya; Tanah-Air-Udara dan segala isinya yang menjadi satu kesatuan tak terpisahkan bernama NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika - sebuah pengikat perbedaan kita yang juga menginspirasi bangsa-bangsa Eropa ketika membentuk Uni Eropa dengan semboyan yang sama.

Tegakkan Panji kita, Sang Merah Putih!

Tegakkan kewibawaan bangsa dengan Tri Sakti!

Bulatkan tekad untuk menjaga warisan leluhur dengan tetap menjadi satu bangsa dengan satu tanah air Indonesia, junjung tinggi bahasa persatuan Bahasa Indonesia!

Jalan panjang negeri ini ada pada kita para Pemuda! Dan PARI adalah kebangkitan kembali para Pemuda/Pemudi Indonesia.


Salam Persatuan!

Mahar Prastowo
Sekjen Persatuan Rakyat Indonesia

Lantai II Gedung Indonesia5
Jl. Kemang Utara A No. 2
Kemang - Jakarta Selatan
INDONESIA


Silakan di Klik:
✽̶ M-STORE LengkapiKebutuhanAnda ♈̷̴✽̶⌣̊

Share this article :

+ komentar + 1 comment

Anonim
2 November 2013 18.00

Semoga kebangkitan pemuda melalu PARI dapat memberikan nilai positif bagi langkah masa depan bangsa Indonesia. kehadiran para pemuda PARI di desa-desa dan perbatasan selama ini turut menjadi bagian dari peran pemuda terhadap keutuhan bangsa yang berdiri diatas kebhinekaan. salam persatuan dari kaltara!

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Sambutan Sekjen Persatuan Rakyat Indonesia pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2013

Posting Komentar