Jumat, 22 November 2013

Home » » Kekacauan Identitas

Kekacauan Identitas

Ditengah puluhan ribu kategori, produk anda harus bisa ditemukan

Mafaza-Online.Com | EKONOMI- Salah satu pembeda bisnis dengan "sekedar dagang" adalah adanya sistem. Sederhananya, berdagang itu ya beli-jual-ambil margin, beli-jual-ambil margin, dst. Apakah anda bisa kaya dengan cara itu? Ya bisa saja, tetapi jika tidak ada sistem, anda harus melakukannya terus-menerus, berulang-ulang dan siap "cape" ..

Mungkin agak panjang jika kita ingin berbicara sistem secara umum di sini. Tetapi saya hanya ingin membahas sedikit masalah sistem identitas dan lebih fokus lagi ke konsistensi identitas.

Jika kita sedang berjalan menuju suatu tempat mengendarai mobil, dengan kecepatan agak cepat, lalu kita ingin membeli beberapa snack dan minuman ringan untuk menemani perjalanan. Sebagian orang dalam "Top of Mind"nya akan teringat alfamart/indomart dan akan teringat pada "identitas” warna dan karakter logo keduanya.

Maka dalam kecepatan yang tidak bisa dibilang rendah, mata anda akan melakukan identifikasi. Dan karena desain identitas kedua minimarket itu konsisten, Anda bisa dengan mudah "menemukan” mereka di tengah "tumpukan" ; toko pinggir jalan.

Dalam mass product, konsistensi kemasan itu hukumnya wajib! Ditengah puluhan ribu kategori, produk anda harus bisa ditemukan. Sebab jika tidak, bisa jadi konsumen bisa dengan mudah memindahkan referensi ke produk lain.

Seorang sahabat yang bekerja di sebuah pabrik kemasan mengatakan bahwa biasanya produsen besar mempercayakan kemasannya kepada 2-3 vendor. Namun, kontrol kualitasnya sangat ketat. Warna tidak boleh turun sedikit pun dan antara 2-3 vendor tersebut tidak boleh beda. Sebab jika sampai beda sedikit saja, maka konsumen bisa menganggapnya sebagai "produk palsu".

Kekacauan identitas kadang terjadi pada pebisnis/marketer yang tidak peduli dengan masalah ini. Akibat parahnya adalah produk/jasa mereka sulit dikenali. Logo disini beda dengan yang disana. karakter warna disini beda dengan yang disana. Desain company profile, brosur, dll tidak membawa semangat brand yang diusung.

Bisa jadi produk/jasa mereka sebenarnya banyak, cuma konsumen tidak bisa "connecting the dots", antar satu produk dengan produk lain "saling berlepasan" , sehingga antar produk tidak bisa "saling menguatkan" brand yang anda usung. Semua produk berjuang dengan merek masing-masing, identitas masing-masing, membuat tim sales Anda harus bekerja ekstra meyakinkan dan memberi persuasi pada konsumen.

Dalam sebuah sistem identitas brand, konsistensi ini harus sudah bisa terjaga sejak identitas yang paling dasar seperti *logo, warna, tipografi, hingga media-nya, seperti aplikasinya di company profile, brosur, merchandise, POS materials, sign system*, dst. Semua itu membentuk satu kesatuan identitas sehingga konsumen bisa dengan mudah mengenali produk Anda.

Setidaknya ada 4 manfaat ketika sistem identitas anda baik :

Fungsi Identifikasi

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, ketika sistem identitas kita konsisten, setiap konsumen akan mudah "menemukan” produk Anda di tengah crowded-nya kumpulan produk di luar sana.

Fungsi Awareness

"Kekompakan” identitas akan membangun awareness brand yang Anda usung, sehingga konsumen bisa melihat brand anda sebagai "brand besar". Sesuatu yang besar, banyak pengikuti/pembelinya biasanya cenderung menarik orang lain untuk ikut membeli dan mencoba.

Fungsi Orisinalitas
Standar tertentu dalam sistem identitas Anda akan membuat konsumen lebih bisa membedakan orisinalitas suatu produk. Walaupun para pemalsu semakin jago, tetapi setidaknya ini usaha Anda untuk membuatnya lebih terjaga. (banyak juga kan pembajak/pemalsu yang tidak bisa meniru 100%)

Fungsi Impresi Profesionalitas

Ketika Anda serius menggarap sistem identitas brand Anda, maka impresi yang ditangkap konsumen adalah profesionalitas. Hampir semua orang bisa membedakan mana brand "pemula" dan brand yang sudah matang. Biasanya brand yang sudah matang akan lebih peduli pada konsistensi identitas. Jadi jika Anda brand pemula ingin dikesankan sebagai brand yang sudah matang, mulailah peduli pada sistem identitas sejak brand Anda akan diluncurkan.

Bagaimana dengan brand Anda? Sudahkah konsisten? Sudahkan desain logo, pilihan warna korporat, tipografi dll, in-line dengan desain kemasan, POS materials hingga sign system perusahaan/produk Anda?

*Hendro Tri Rachmadi*
*Simple Studio Online*
*Desain Profesional untuk Logo & Company Profile?*
Klik  SimpleStudioOnline

Silakan di  Klik:
┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶♡̨̐M-STORE LengkapiKebutuhanAnda✽̶♈̷̴┈̥-̶̯͡


Share this article :

Posting Komentar