Senin, 14 Oktober 2013

Home » » Kurban Menembus Batas hingga Asia dan Afrika

Kurban Menembus Batas hingga Asia dan Afrika

Sudah empat kali THK DD melaksanakan kurban di Kamboja
Mafaza-Online.Com | JAKARTA  – Penyebaran hewan kurban yang dilakukan Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa (THK DD) tak hanya di wilayah Indonesia. Beberapa negara minoritas Muslim, seperti Kamboja, Vietnam, Laos, dan Filipina pun turut menjadi target penyebaran. Pada 2012 lalu, hampir 20 sapi dikirim ke masing-masing negara.

Sudah empat kali THK DD melaksanakan kurban di Kamboja. Tepatnya di komunitas Muslim yang berada di provinsi Kratie dan Kampong Champ. Kedua wilayah tersebut, termasuk daerah Muslim serba kekurangan.  Rata-rata penduduknya adalah petani padi, serta pencari ikan di sungai Mekong. Tak kurang dari 20 sapi disembelih pada Idul kurban tahun lalu di empat distrik kecil di dua provinsi tersebut, yaitu Phum Themie, Ambil, Phum Shoy, dan Chum Nik. Kegiatan ini membuat masyarakat Muslim Kamboja dapat merasakan juga semarak berkurban.

Di Vietnam, komunitas Muslim Champ berada di provinsi Tai Ninh, Maka THK DD pun menyalurkan kurban ke sana. Sebanyak 20 sapi disembelih di dua distrik, yakni Xa Suoi dan Tan Hurg. Menurut warga setempat, hampir delapan tahun tak ada yang berkurban, sebab di sana tak ada warga yang mampu membeli hewan kurban.

Kemudian di Filipina, lebih dari 5 juta Muslim tinggal di bagian selatan Filipina, yaki Mindanao. Di sana terdapat keunikan pada saat mendistribusikan hewan kurban. Jadi setelah hewan kurban disembelih, selanjutnya dipotong menjadi beberapa bagian, lalu dibagikan tanpa dikuliti.

Selain di kawasan Asia, THK DD menyebarkan pula di kawasan Afrika seperti Dadaab dan Somalia. Seperti pada prinsipnya, THK berusaha menyalurkan kurban ke daerah yang kekurangan atau mengalami bencana. Saat ini dua kawan Afrika itu, khususnya Somalia tengah mengalami bencana kemanusiaan, yakni kelaparan. Kondisi tersebut mendorong THK untuk turut membantu  warga di sana.

Dadaab termasuk perbatasan Kenya-Somalia. Kekeringan berkepanjangan, membuat kelaparan melanda negeri itu. Saat THK datang, warga di sana mengaku sangat senang, dan seperti menemukan harapan baru. Lalu lebih dari 10 orang memagari padang sabana sambil terus mengucap takbir serta tahmid, ketika hewan kurban akan disembelih.

“Tahun ini THK juga akan mengirim kurban ke negara-negara minoritas Muslim seperti Kamboja, Vietnam, Filipina, dan lainnya seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Negeri-negeri yang sedang terkena bencana kelaparan di kawasan Afrika pun kemungkinan akan kami kirim kembali. Semuanya demi berbagi pada semua, agar sama-sama dapat merasakan kebahagiaan di Idul Adha,” ujar Yuli Pujihardi, Direktur Eksekutif THK DD. Tahun ini THK berusaha menghimpun 30 ribu kurban, agar semakin banyak daerah yang disalurkan. (Iit Ozora)

Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :
Bobby P. Manulang
GM Public Relation THK
0812967447 - 087808060224

KANTOR PUSAT TEBAR HEWAN KURBAN (THK)
Perkantoran Margaguna
Jl. Radio Dalam Raya No. 11 Kebayoran Baru - Jakarta Selatan
Telp. (021) 7211035, Fax. (021) 7211005, 72796860
Email: surat@tebarhewan.or.id
Website: http://www.tebarhewan.or.id


Silakan di Klik:
✽̶ M-STORE LengkapiKebutuhanAnda ♈̷̴✽̶⌣̊
Share this article :

Posting Komentar