Senin, 07 Oktober 2013

Home » » BATIK Angkat Martabat Bangsa Indonesia

BATIK Angkat Martabat Bangsa Indonesia

Penetapan Hari Batik Nasional sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional

Mafaza-Online.Com | JAKARTA –  Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, setiap 2 Oktober dinyatakan sebagai Hari Batik Nasional.  Berdasarkan keputusan UNESCO (Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. 

UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.

Sebagaimana pemberitaan, Seskab Dipo Alam mengeluarkan surat edaran Nomor SE-12/Seskab/IX/2013, tertanggal 27 September 2013 meminta para menteri dan seluruh pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) untuk memerintahkan kepada seluruh pegawai di bawah jajarannya agar memakai baju batik pada hari Rabu tanggal 2 Oktober.

Seskab Dipo Alam juga meminta Menteri Dalam Negeri untuk memerintahkan seluruh Gubernur/Bupati dan walikota di tanah air agar mewajibkan seluruh pegawai pemda memakai baju batik.

Perintah mewajibkan memakai baju batik, juga disampaikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), agar memerintahkan seluruh pegawai BUMN untuk memakai baju batik pada Hari Batik Nasional.

Surahman Hidayat, Anggota Komisi X DPR RI, yang membidangi sektor pariwisata dan Kebudayaan, mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional. Tidak terasa umur Peringatan hari Batik Nasional Oktober 2013 ini telah memasuki tahun keempat.  Penetapan Hari Batik Nasional sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional. 

“Untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia ,” katanya


Pemerintah dan seluruh warga Negara Indonesia, masih kata Surahman, berkepentingan untuk menjaga hasanah budaya bangsa. Salah satu caranya dengan mengenakan pakaian batik sebagai pakaiannya. 

Bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang bangga dengan produk kebudayaan bangsanya . 

Momentum Hari Peringatan Batik Nasional 2 Oktober 2013 merupakan bagian dari ekspresi rasa syukur kepada Allah SWT atas keragaman budaya nasional. 

“Dengan adanya semangat dan rasa cinta kepada produk budaya Indonesia akan mendorong promosi pariwisata Indonesia agar semakin dikenal dunia Internasional” kata Surahman. Berita terkait klik disini


Silakan di Klik:
Share this article :

Posting Komentar