Kamis, 05 September 2013

Home » » Hikmah dan Keutamaan Qurban

Hikmah dan Keutamaan Qurban

Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Mafaza-Online.Com| QURBAN – Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah (QS Al Kautsar[108]:2)

Dari Zaidi bin Arqam, berkata: Wahai Rasulullah, apakah qurban itu? Rasulullah menjawab: Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim. Mereka menjawab: Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?

Rasulullah menjawab: setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan. Merekamenjawab: Kalau bulu-bulunya?

Rasulullah menjawab setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan. (HR. Ahmad dan ibn Majah)

Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)



Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan dating lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah sebagai qurban di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ketanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya. (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi).

  
BARBERQU Dusun Kenalan Pakis Magelang

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu! Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami member balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (QS Ash Shaffat  [37]:102-107)

Semoga kita di beri kelapangan rezeki agar dapat berkurban tahun ini 


Silakan di Klik
BARBERQU (teBAR BERkah QUrban) 

Share this article :

Posting Komentar