Jumat, 20 September 2013

Home » » 'Efek Jokowi' Hanya Terbukti di Twitter?

'Efek Jokowi' Hanya Terbukti di Twitter?

Dukungan Jokowi, kata Adi,  tak serta-merta membantu kandidat tertentu memenangkan pemilu atau pilkada

Mafaza-Online.Com| JAKARTA-Kalahnya beberapa calon kepala daerah usungan PDIP, meskipun Jokowi ikut kampanye menimbulkan pertanyaan: benarkah ada Jokowi effect? Benarkah dukungan Jokowi dapat mempengaruhi popularitas tokoh?

Prapancha Research (PR) memeriksa Jokowi effect dengan menganalisis sejauh mana pengaruh kata kunci "Jokowi" terhadap perbincangan mengenai tokoh-tokoh lain di jejaring sosial Twitter. Hasilnya, setidaknya di ranah jejaring sosial, Jokowi effect memang nyata.

"Dari temuan kami, perbincangan beberapa nama memang memperoleh momentum saat dikaitkan dengan Jokowi," ujar Adi Ahdiat, analis PR dalam keterangan pers, Kamis 19 September 2013.

Gita Wirjawan, sebagai contoh. Ia memperoleh lejitan mention hingga 1.335 pada 26 Februari karena ada pernyataan petinggi Partai Demokrat untuk memasangkannya dengan Jokowi. Sampai dengan 26 Februari 2013, ini adalah perbincangan tentang Gita tertinggi ketiga di Twitter.

Rieke Diah Pitaloka juga kebanjiran mention di twitter sewaktu Jokowi berkampanye untuk pemilihan Gubernur Jawa Barat. Perbincangan tentang Rieke dikaitkan dengan Jokowi mencapai 49 ribu mention. Sementara total perbincangan tentang Rieke mencapai 119 ribu. Menurut Adi, 2 dari 5 celotehan tentang Rieke adalah dalam kaitannya dengan Jokowi.

Dukungan Jokowi, kata Adi,  tak serta-merta membantu kandidat tertentu memenangkan pemilu atau pilkada. Namun, Jokowi memang membantu mengangkat nama seseorang ke perhatian publik. "Di era persaingan citra yang begitu ketat, dapat menyedot perhatian publik saja sudah amat berarti," kata Adi.

Adi mengatakan, efek Jokowi ini juga terbukti tak bekerja pada tokoh tertentu yang sudah lekat dengan reputasi kurang baik. Sebagai contoh, dalam pantauan terhadap perbincangan yang mengaitkan Marzuki Alie atau Ruhut Sitompul dengan Jokowi, yang cenderung ditemukan adalah perbincangan yang menganggap nama ini kapasitasnya jauh di bawah Jokowi. (tempo.co)


MAFAZA-STORE Lengkapi Kebutuhan Anda

MafazaOnline Peduli (MOP)MOP Adalah dana yang dihimpun dari pembaca. Untuk membantu dakwah Islam.

Mari bersinergi, Kirim bantuan melalui
Bank Muamalat Norek: 020 896 7284
Syariah Mandiri norek 069 703 1963.
BCA norek 412 1181 643
a/n Eman Mulyatman

Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama/Alamat/Jumlah/Bank/Peruntukkan (Pilih salah satu)
1. Desa Binaan 2. Motor Dai 3. Peralatan Shalat
4. Wakaf Al-Qur’an 5. Beasiswa 6. Dunia Islam

Syukran Jazakumullah Khairan Katsira

Klik Juga:

BARBERQU 2013 (teBAR BERkah QUrban) 

Share this article :

Posting Komentar