Kamis, 19 September 2013

Home » » Al-Qur’an Tua Berumur 1200 Tahun di Masjid Tepecik Turki

Al-Qur’an Tua Berumur 1200 Tahun di Masjid Tepecik Turki

Al-Qur’an kuno ditemukan dalam gulungan sajadah yang tersimpan di basement masjid tersebut

Mafaza-Online.Com|TURKI-Sebuah Al-Qur’an tua dan kitab tafsir dengan tulisan tangan ditemukan di Turki. Kedua benda itu tersimpan awet selama 1200 tahun dalam gulungan sajadah di sebuah masjid kuno, Tepecik.

Tepecik adalah, sebuah masjid tua di kota Muğla, sebelah Selatan Wilayah Aegea Turki, demikian OnIslam melansir, Senin (16/9/2013).

“Selama ini kami tidak menganggap hal itu kitab kuno, kami mengira itu adalah Al-Qur’an biasa,” kata Yüksel Kılınçarslan, Imam Masjid Tepecik dimana Al-Qur’an kuno tersebut ditemukan, kepada Anadolu Agency, Senin (16/9).

Yüksel baru menyadari keistimewaan Al-Qur’an itu setelah mengamati, tulisannya dibuat dengan tulisan tangan, “Apalagi  di sampulnya tertera tahun penulisan 1200 tahun lalu,” ungkapnya.

Berlokasi di Distrik Bodrum, sebuah area peristirahatan di wilayah Aegea, Masjid Tepecik telah berdiri sejak 1737. Al-Qur’an kuno ditemukan dalam gulungan sajadah yang tersimpan di basement masjid tersebut. Penemuan ini kemudian diberitahukan kepada Mufti Distrik Bodrum’s, Emin Arık.

Segera setelah itu dilakukan serangkaian penelitian oleh para ahli sejarah dan kemudian dipastikan bahwa Al-Qur’an tersebut berumur 1200 tahun.

Yüksel pergi ke ibukota Ankara untuk menemui aparat berwajib.  

“Saya menanyakan perguruan tinggi atau institut yang bisa menyelidiki hal ini,” kata Kılınçarslan.
Kini salinan dari Al-Qur’an tua tersebut dipamerkan di Mesium Arkeologi Bawah Air dalam sebuah acara seremonial.

Pejabat setempat mengatakan bahwa Al-Qur’an kuno bertuliskan tangan tersebut akan dikirim ke Perpustakaan Manuskrip di İzmir setelah mendapat perawatan khusus.

Sebelumnya, beberapa lembaran Al-Qur’an tua juga pernah ditemukan di sebuah rumah tua di Sana’a Yaman pada 1972. Hasil tes karbon menunjukkan Al-Qur’an tersebut dibuat pada 645–690 M. Meski demikian para ahli arkeologi mengatakan bahwa gaya kaligrafinya bercorak tahun 710–715 M.

Dalam sejarah Islam disebutkan bahwa suatu ketika Khalifah Utsman bin Affan ra bermaksud menyetandarkan tulisan Al-Qur’an, maka dibuatlah Mushaf Utsmani, dan beberapa salinannya disebarkan ke berbagai negeri.

Salah satu salinannya sampai kini masih tersimpan di Samarkand, Tashkent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’’an Mushaf Utsmani tersebut bertanggalkan tahun 595 M dan 855 M. (on islam)


MAFAZA-STORE Lengkapi Kebutuhan Anda

MafazaOnline Peduli (MOP)
MOP Adalah dana yang dihimpun dari pembaca. Untuk membantu dakwah Islam.

Mari bersinergi, Kirim bantuan melalui
Bank Muamalat Norek: 020 896 7284
Syariah Mandiri norek 069 703 1963.
BCA norek 412 1181 643
a/n Eman Mulyatman

Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama/Alamat/Jumlah/Bank/Peruntukkan (Pilih salah satu)
1. Desa Binaan 2. Motor Dai 3. Peralatan Shalat
4. Wakaf Al-Qur’an 5. Beasiswa 6. Dunia Islam

Syukran Jazakumullah Khairan Katsira

Klik Juga:

Qurban di Daerah Rawan Pemurtadan
Share this article :

Poskan Komentar