Kamis, 01 Agustus 2013

Home » » Solaria Akan Mengurus Sertifikat Halal

Solaria Akan Mengurus Sertifikat Halal

MUI tidak menjamin kehalalan makanan/minuman yang disajikan oleh restoran Solaria

Mafaza-Online.com | JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia belum memberikan sertifikat halal kepada restoran Solaria yang banyak bertebaran di pusat perbelanjaan.

Pengumuman ini termuat pada situs Halal MUI. Disebutkan, informasi tersebut disampaikan terkait banyaknya pertanyaan dari masyarakat mengenai kehalalan restoran Solaria.

Papar pengumuman itu, MUI melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan/minuman. Begitu pun mengeluarkan sertifikat halal untuk restoran Solaria di mana pun.

"Sehingga, MUI tidak menjamin kehalalan makanan/minuman yang disajikan oleh restoran Solaria," ungkap pengumuman.

MUI menegaskan, ini disampaikan untuk menjawab kebingunan masyarakat serta demi melindungi umat Islam dari makanan yang tidak terjamin kehalalannya.

Sementara itu, Operational Manager Solaria Dedy Nugrahadi mengakui, pihaknya memang belum memiliki sertifikat halal dari MUI. Namun, ia menjamin semua proses produksi makanan dan minuman di Solaria halal. Sebab, ada mekanisme sendiri bagi perusahaan untuk memproses makanan dan minuman tersebut.



Manajemen Solaria membantah produk makanan di restoran yang dikelolanya mengandung zat-zat yang haram dikonsumsi umat Muslim, seperti ciu ataupun minyak babi.

"Kami jamin semua prosesnya aman, kami tahu persis bagaimana memilih bahan makanan yang halal sekaligus memprosesnya," kata Dedy kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (1/8/2013).


"Tetapi, memang kami belum ada sertifikat halal dari MUI. Kami akan segera mengurusnya," kata Dedy kepada Kompas.com di Jakarta, hari ini.


Namun, Dedy enggan menjelaskan secara pasti kapan pihaknya akan mengurus sertifikat halal. 



Share this article :

Posting Komentar