Minggu, 07 Juli 2013

Home » » Menyambut Ramadhan dengan Kebahagiaan

Menyambut Ramadhan dengan Kebahagiaan

Ramadhan nanti kita mesti hadirkan rasa cinta kepada ibadah dan Allah yang telah memerintahkannya

MafazaOnline | TASIKMALAYA - Acara Pengajian Arbain berlangsung Ahad 7 Juli 2013, di halaman Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah Tasikmalaya, dihadiri ribuan jama’ah dari berbagai daerah baik di wilayah Jawa Barat maupun dari daerah lainnya.

Pengajian bertajuk menyambut bulan suci Ramadhan ini diselingi dengan iringan musik Shoutul Hanif, yang banyak menyajikan lagu-lagu religi Debu, dan lainnya. Hadirin merasa terhanyut dengan sentuhan Nada dan Dakwah yang diramu sedemikian rupa. Sehingga sebelum acara dzikir dikumandangkan banyak jama’ah sudah masuk ke dalam atmosfer dzikir.

Nada musik shalawat yang menyertai tema demi tema taushiyah yang disampaikan merupakan refleksi kebahagiaan dengan datangnya bulan Ramadhan yang agung. Karena Ramadhan adalah madrasah yang akan mendidik serta membersihkan jasmani dan ruhani orang-orang yang beriman.

Syaikh M. Fathurahman mengawali ceramahnya dengan sebuah do’a Rasulullah saw yang berbunyi: “Yaa Allah, berilah keberkahan kepada kami di bulan Sya’ban dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan!” lalu disambut dengan ucapaan “Amiin!” para hadirin.

Lebih lanjut dalam taushiyahnya, Syaikh M. Fathurahman menyampaikan bahwa kegembiraan (kebahagiaan) menyambut bulan Ramadhan bukanlah kebahagiaan yang murahan (bersifat fisik semata), tapi kebahagiaan yang utama dan kekal di sisi Allah yang dapat dirasakan jiwa. Kebahagiaan itu disebabkan karena adanya iman dan ilmu.

Dengan ilmu bulan Ramadhan akan disambut dengan kegembiraan, karena di dalamnya jiwa (ruhani) orang yang beriman akan dibersihkan dan ditingkatkan derajatnya. Dan dengan keimanan, hati akan menerima perintah ibadah puasa dengan penuh kesadaran (tanpa paksaan) karena tujuan puasa Ramadhan adalah menuju Taqwa kepada Allah.

Kesadaran berpuasa karena mengetahui ilmunya akan melahirkan cinta. Dan orang-orang yang cinta kepada Allah akan merasakan getaran Ramadhan, sehingga ia mengharap-harap dan menanti-nanti dengan kemunculannya. Kecintaan inilah yang menjadi energi dan spirit (semangat) untuk memburu rahmat Allah. Maka, menurut Syekh di bulan Ramadhan nanti kita mesti hadirkan rasa cinta kepada ibadah dan Allah yang telah memerintahkannya.

Acara pengajian diakhiri dengan dzikir dan shalat zhuhur berjama’ah. Tak lupa, panitia mengingatkan untuk mencicipi hidangan kebuli yang sudah menanti jama’ah setelah bermushafahah (bersalaman). Iringan musik masih terus berlanjut ketika jama’ah selesai menikmati hidangan.

Beberapa info penting yang telah disampaikan panitia saat acara adalah bahwa pengajian yang dipimpin Syaikh M. Fathurahman di Jakarta dan Tasikmalaya berlangsung sebagaimana biasa. Adapun di Jakarta, pengajian akan berlangsung setiap hari Ahad ba’da Ashar. (Lq)

INFAQ TAJIL RAMADHAN 
MafazaOnline Peduli Bagi Kaum Muslimin dan Muslimat yang ingin mengirimkan dana Infaq Ramadhan untuk Berbuka, Sahur dan berbagi bersama bersama saudara-saudara kita di sekitar Gunung Merapi yang rawan pemurtadan, mari bersinergi. Kirim bantuan melalui

Bank Muamalat Norek: 020 896 7284 Bank Syariah Mandiri norek 069 703 1963 BCA norek 412 1181 643 a/n Eman Mulyatman Setelah transfer kirim sms konfirmasi ke 0878 7648 7687 Dengan format: Nama.../Alamat.../Jumlah.../Bank.../Peruntukkan Ramadhan

Maaf kami tidak terkait dengan Ormas atau Orpol manapun!
Share this article :

Poskan Komentar