Senin, 13 Mei 2013

Home » » Konvensi Bukan Solusi Pendidikan Nasional

Konvensi Bukan Solusi Pendidikan Nasional

Jangan jadikan rencana konvensi tersebut sebagai ajang untuk mencari dukungan kebijakan
MafazaOnline-JAKARTA-Rencana Kemendikbud melaksanakan konvensi bagi kelanjutan pendidikan nasional September nanti  tentang persoalan kurikulum dan UN dianggap kurang relevan.

Menurut Ahmad Zainuddin, mekanisme konvensi yang akan dilakukan oleh Kemendikbud tersebut seharusnya tidak perlu dilaksanakan. “Tidak perlu, jika selama ini pemerintah mau mendengar dan menerima masukan ataupun kritikan dari masyarakat tentang hal-hal yang selama ini menjadi polemik dalam dunia pendidikan kita,” kata anggota komisi X DPR RI itu.

Legislator PKS ini menyangsikan legitimasi konvensi nanti. Dia khawatir hasilnya bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan yang diharapkan oleh pihak tertentu, dan bukan untuk membangun mutu pendidikan nasional.

“Kalau dengan konvensi pemerintah mau menguji atau mendiskusikan pilihan kebijakan bagi pendidikan, kenapa tidak dilakukan sejak awal,” ujarnya.

Persoalan kurikulum atau pun UN misalnya, sejak awal sudah terjadi pro dan kontra di masyarakat. Apalagi saat ini, rencana diadakan konvensi tentang pendidikan bertepatan dengan polemik kurikulum dan setelah terjadinya kisruh UN. Zainuddin menilai pemerintah tidak responsif terhadap masalah pendidikan sejak dini.

Politisi dari dapil DKI Jakarta 1 ini menambahkan bahwa landasan utama pendidikan itu berpegang pada UUD 1945 dan juga Undang-Undang (UU) Sisdiknas nomor 20 tahun 2003. Seharusnya dengan pijakan tersebut, persoalan pendidikan kita bisa selesai dan tidak menimbulkan polemik. Pemerintah tinggal melaksanakan amanat UU sebenarnya sangat mudah. Namun, kenapa pemerintah enggan menjalankan amanat tersebut. “Lalu apa fungsi konvensi kalau pada akhirnya UU diabaikan,” kata Zainuddin.

Zainuddin meminta agar pemerintah jangan jadikan rencana konvensi tersebut sebagai ajang untuk mencari dukungan kebijakan.

“Pemerintah harus serius dalam menjalankan amanah UU demi tujuan dan hasil pendidikan yang bermutu dan berkualitas bagi seluruh warga negara,” tutupnya.


Nasi Jagung Manglie: Solusi untuk Penderita Diabetes


Share this article :

Posting Komentar