Senin, 04 Maret 2013

Home » » Kota Solo: Walikotanya Katolik, Wakilnya Mantan Presiden Rotary Club

Kota Solo: Walikotanya Katolik, Wakilnya Mantan Presiden Rotary Club

MafazaOnline-SOLO-Sejak Joko Widodo (Jokowi) terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta pada hari Sabtu tanggal 29 September 2012, kemudian dilantik pada tanggal 11 Oktober 2012, praktis kedudukan Walikota Solo yang sebelumnya dijabat oleh Jokowi akan berpindah kepada Wakil Walikota Solo, FX. Hadi Rudyatmo yang beragama Katolik.


Dengan jabatan barunya tersebut, tentu kursi jabatan Wakil Walikota Solo yang sebelumnya diisi oleh Rudy, kosong untuk sementara waktu sampai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surakarta memilih Wakil Walikota Solo yang baru.

Dilansir voa-islam, dalam pemilihan yang berlangsung di gedung DPRD Solo secara tertutup itu, Rabu (27/2/2013), Solo mempunyai Wakil Walikota yang baru. Dia adalah Achmad Purnomo, Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan pengusaha asli Solo yang mengantongi rekomendasi DPP PDIP tersebut, berhasil mengalahkan Teguh Prakosa, calon lain yang juga diajukan partai yang sama.

Dalam proses voting tertutup pada hari Rabu tadi (27/2/2013), Purnomo mendapat 34 suara. Mantan pesaing Jokowi dalam pilkada 2005 lalu itu, mengalahkan pesaing utamanya yakni Teguh Prakoso yang hanya mengantongi 3 suara. Suara tidak sah dan abstain masing-masing 1 suara, dan total anggota dewan yang hadir dalam pemilihan Wakil Walikota Solo tersebut sebanyak 39 orang.

Dalam pernyataanya kepada wartawan, mantan Presiden Rotary Club Solo Raya tahun 2010 ini menyatakan kesanggupannya untuk membantu Walikota Solo, FX. Rudy untuk mengelola kota Solo yang aman dan nyaman. (undergroundtauhid)

Nasi Jagung Manglie: Solusi untuk Penderita Diabetes
Share this article :

Poskan Komentar