Selasa, 05 Februari 2013

Home » » Fuad Bawazier dan Ratna Sarumpaet Cs Desak KPK Usut Skandal Pajak SBY, Agus, dan Ibas Yudhoyono

Fuad Bawazier dan Ratna Sarumpaet Cs Desak KPK Usut Skandal Pajak SBY, Agus, dan Ibas Yudhoyono

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus segera mengusut skandal pajak keluarga Presiden SBY.


Desakan itu disampaikan anggota Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI), Boni Hargens dalam jumpa pers di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan (Senin, 4/2). Boni datang bersama sejumlah aktivis MKRI lainnya, diantaranya, Haris Rusly, Neta S. Pane, Fuad Bawazier, Ratna Sarumpaet, Adhie Massardi.

"Kami datang kesini bawa kerjaan baru kepada KPK untuk kerjakan pekerjaan baru yang kami sebut Yudhoyono Gate. Jadi 3 Yudhoyono," kata Boni.

Persoalan pajak keluarga Presiden SBY ini, kata Boni, sangat penting, namun entah mengapa belakangan mulai hilang karena kasus korupsi daging sapi yang menjerat Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Persoalan pajak keluarga SBY ini, kata Boni lagi, sudah sangat jelas dari laporan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tahun 2011.

"Presiden SBY memperoleh kekayaan dalam SPT 2011 kuartal pertama, Rp 1,37 milliar dalam 1 tahun dengan tambahan 107 juta sebagai royalti. Dalam dokumen tersebut juga terungkap SBY buka rekening bank dengan total Rp4,98 milliar dan 589.189 US Dolar atau sekitar Rp5,7 Miliar. Dalam SPT itu tak disebutkan detail dari mana sumber keuangan itu," kata dia.

Lanjut Boni, dalam dokumen itu tercatat kalau putra sulung SBY, Agus Harimurti juga memiliki persoalan yang sama yakni tentang pertanggungjawaban. Padahal dalam dokumen SPT disebutkan penghasilan Agus per tahun sebagai perwira Kostrad hanya sebesar Rp70,2 juta.

"Dokumen pajak memperlihatkan Agus membuka rekening  4 bank berbeda dan akun deposito dengan total Rp1,63 milliar dengan pertambahan lain-lain termasuk dari istrinya. Semua ini menurut DJP tidak ada klarifikasi yang rasional tentang sumber-sumber pendapatan dan dikaitkan dengan jabatan mereka," terang Boni.

Karenanya, Boni mewakili MKRI meminta KPK untuk segera melakukan investigasi terkait skandal pajak SBY ini. "Kenapa kasus pajak presiden tidak diinvestigasi dan tidak lebih dulu ditindaklanjuti. Kita desak KPK untuk kerjakan, selesaikan skandal pajak 2013," demikian Boni.[zul]

Sumber:RMOL

Nasi Jagung Manglie: Solusi untuk Penderita Diabetes 
Share this article :

Poskan Komentar