Rabu, 09 Januari 2013

Home » » Kemensos Canangkan Kabupaten Sejahtera

Kemensos Canangkan Kabupaten Sejahtera



Dr Salim Segaf Al  Jufri, MA (Eman Mulyatman)
MafazaOnline-JAKARTA-Pemerintah melalui Kementerian Sosial pada tahun 2013 akan membuat pilot project Kabupaten Sejahtera. Kelak di kabupaten tersebut akan diterapkan pelayanan satu atap dan terpadu dalam menyelesaikan permasalahan sosialnya. Demikian disampaikan Dr Salim Segaf Al  Jufri, MA selaku Menteri Sosial saat Konferensi Pers, di kantornya Salemba Raya 28 Jakarta, Selasa, 8/1/2013. 

“Hal ini terkait dengan pelaksanaan Program Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial yang menjadi tugas pokok dan fungsinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mensos Dr Salim Segaf Al  Jufri, MA mengatakan perlu cara diluar kebiasaan dalam menyelesaikan 22 permasalahan di Indonesia. Kalau dirumpunkan permasalahan sosial itu menyangkut; kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, ketunaan social, korban bencana, korban tindak kekerasan dan keterpencilan. Kalau mengikuti yang biasa butuh waktu lama untuk mengatasi masalah social yang ada

“Tidak ada daerah yang tidak punya masalah sosial,” ujar Mensos.

Menurut Salim Segaf, Pilot Project Kabupaten Sejahtera akan berdasar pada pelayanan terpadu. Semua masalah akan terselesaikan di tempat. Seperti ada layanan anak terlantar, lansia terlantar, keluarga dan lainnya. “Kementerian Sosial akan masuk dari satu titik dan menyebar ke titik lainnya,” katanya.

Kementerian sosial, masih kata Salim Segaf, akan masuk dari unggulan kegiatan yang pada 2012 berhasil dengan baik yaitu, Bedah Kampung. Kegiatan ini selain telah menggerakkan Pemda dan dunia usaha, juga menggerakkan partisipasi masyarakat, relawan dan potensi sumber kesejahteraan social lainnya dalam menyelesaikan permasalahan sosial lainnya. Bedah Kampung untuk bedah masalah sosial dengan sentuhan Kesetiakawanan Sosial.      

“Hakikat Kesetiakawanan Sosial adalah Peduli dan Berbagi, yang diformulasikan dalam bentuk Pedoman Penghayatan Pengamalan Kesetiakawanan Sosial (PK3S),” ujar Mensos.

Hari Kesetiakawanan Sosial menjadi gerakan nasional, diawali dengan direktif Presiden RI ketika pencanangan Gerakan Nasional Kesetiakawanan Sosial pada 2006, pada saat puncak HKSN di satdion Manahan Solo. 

Dalam kaitan dengan Bedah Kampung yang sudah dilaksanakan di 17 kabupaten/kota (Purwakarta, Bandung, Bekasi, Maluku Tengah-Tulehu, Serang, Pandeglang, Semarang, Wonosobo, Purworejo, Banyumas, Kendari, Morotai, Marampit, Palu, Tulungagung, Pacitan), kelak kampong yang sudah dibedah dan dianggap survive akan diberi nama Kampung Ketiakawanan Sosial.

Mengawali tahun 2013 ini Mensos menjelaskan, kementeriannya akan melaksanakan Bedah Kampung di Kabupaten Bogor. “Rumah yang akan dibedah 200 rumah di Desa Tajur Halang dan Desa Bojong Gede,” jelas Mensos.(Eman Mulyatman)  


MafazaMarket
===================================================================
Bagi Ukhti muslimah yang ingin tampil cantik nan shalihat, segera beralih ke pengobatan Herbal non alkohol. Tersedia: Aliya Natural Anti Acne dan Aliya Natural Regenerating Harga: Rp 40.000,- (Plus Ongkos kirim) Hub: Winwin (0293)5540586
NASI Jagung Manglie Harga @Rp 10.000 disc 30% bagi agen atau pembelian 1 karton (48 dus) Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim Bagi Anda yang berminat silakan hubungi kami: 085717238073 (Muhammad Nur) Kami juga melayani Terapi, konsultasi kesehatan, ruqyah dan keharmonisan rumahtangga (permasalahan pria). Silakan di Klik:
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ 


 

Share this article :

Poskan Komentar