Selasa, 29 Januari 2013

Home » » DPR Apresiasi Angkutan Kereta Untuk Atasi Krisis Daging Sapi

DPR Apresiasi Angkutan Kereta Untuk Atasi Krisis Daging Sapi

MafazaOnline-JAKARTA-Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto memberikan apresiasi kepada pemerintah yang berupaya untuk realisasi angkutan Kereta Api (KA) yang diperuntukkan untuk mengangkut sapi dari sentra produksi menuju wilayah konsumen terutama di Jawa. Hal ini merupakan jawaban atas persoalan krisis daging sapi yang terjadi beberapa waktu lalu yang disebabkan karena adanya kendala distribusi sapi dari sentra populasi yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Selain itu, pemerintah perlu segera juga mengupayakan angkutan kapal laut untuk mengangkut sapi dari sentra produksi yang ada di wilayah timur seperti: Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua dan Sulawesi, dll,” katanya.


Lebih lanjut legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil Sumatera Barat ini mengungkapkan kelancaran distribusi menjadi sangat penting di dalam memberikan jaminan atas ketersediaan daging sapi dengan harga yang stabil dan wajar. Untuk itu, ia minta pemerintah dapat bahu membahu mengatasi persoalan distribusi sapi ini. Tentu dalam hal ini, instansi terkait harus melakukan sinergi. PKS memberikan apresiasi kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan dan BUMN yang telah bersinergi dalam mensejahteraka masyarakat.

“Sebagai konsekuensinya, pemerintah juga harus membuat perencanaan terpadu agar distribusi sapi dapat dilakukan dalam skala ekonomi. Pemerintah tidak cukup hanya melibatkan sarana transportasi. Pemerintah harus membangun infrastruktur strategis di daerah sentra produksi seperti: pelabuhan yang dilengkapi dengan rumah potong hewan yang modern”, jelas Hermanto.

Sebagai gambaran, menurut Menteri Pertanian Suswono langkah pengangkutan sapi sangat efektif untuk kesehatan dan kualitas sapi nantinya. Karena pengangkutan sapi melalui transportasi kereta api berpengaruh terhadap kenyamanan sapi. Dimana, untuk kesejahteraan hewan pake KA lebih nyaman jika dibandingkan pakai truk.

“Paling lambat Bulan April 2013, pengangkutan sapi melalui kereta api ataupun kapal laut bisa direalisasikan. Kalau tidak Maret atau April, meskipun yang KA sedang dikaji sisi ekonomisnya. Karena untuk mengangkut sapi diperlukan areal di sekitar stasiun untuk sapinya," ungkap Suswono.



Promo Suzuki ERTIGA Excitest Drive diperpanjang
Share this article :

Poskan Komentar