Jumat, 28 Desember 2012

Home » » Taliban Afghanistan dibujuk Menjadi Partai Politik

Taliban Afghanistan dibujuk Menjadi Partai Politik

taliban afghanistan
MafazaOnline-AFGHANISTAN-Pemerintah Afghanistan, bekerjasama dengan Pemerintah Pakistan berupaya untuk memulihkan keamanan di negara itu. Pakistan membujuk gerakan Taliban untuk menjadi gerakan politik dengan menjadi satu partai politik.

Keterlibatan Pakistan menjadi penting dalam upaya Afghanistan dan Amerika Serikat meningkatkan keamanan di Afghanistan menjelang penarikan pasukan NATO pada akhir 2014.

“Mereka bilang setuju dengan rencana kami untuk mengubah Taliban dari satu entitas militer ke lembaga politik untuk memungkinkannya berpartisipasi dalam dunia politik Afghanistan dan bisa berkiprah secara aman seperti partai politik lain,” kata seorang pejabat di Kabul, Senin (24/12/12).

Pejabat itu optimis Pakistan akan menyambut, karena Pakistan sudah lama dituduh mendukung gerakan Taliban.  Tetapi kini Pakistan dan Afghanistan bersedia kerjasama. Padahal saling curiga  antara Afghanistan dan Pakistan justru memperlambat usaha untuk mengakhiri kekerasan di negeri itu.

Taliban mengatakan, mereka akan diwakili pemimpin senior mereka dalam perundingan dengan Pakistan dan Afghanistan termasuk Shahabuddin Delawar yang berbasis di Qatar.

Memang, pihak berwenang Taliban dan Afghanistan tidak ada memiliki hubungan secara langsung.

“Kami sangat optimis. Kami percaya mereka benar-benar ikhlas dalam berdialog dengan kami,” kata pejabat senior pemerintah Afghanistan. (Reuter)
Share this article :

Posting Komentar