Senin, 06 Februari 2012

Home » » SUDUT PANDANG

SUDUT PANDANG

mata, sudut pandang,penglihatan, terawang
  Meski perjalanan menuju tempat yang sama, tapi menggunakan kendaraan yang berbeda, kita akan merasakan suasana yang berbeda.
  Cobalah anda pergi ke tempat yang rutin anda kunjungi, seperti kantor, pasar, sekolah atau kampus. Sekali waktu gunakan kendaraan yang berbeda. waktu anda berjalan kaki, akan terasa perjalan menjadi begitu jauh dan melelahkan, mungkin juga ada perasan minder, karena yang lain sudah berada di kendaraan yang mewah.
   Dari jalan kaki meningkat , wak tentu perjalan lebih cepat dari jalan kaki. Tapi, anda harus meningkatkan kewaspadaan. Anda tak perlu membawa surat dokumen kendaraan. sedikit bebas memang karena bisa melewati rambu-rambu lalu lintas. Tapi, pemandangan menjadi sedikit lain dari ketika berjalan kaki. serasa semua bergerak terlalu cepat. Baik jalan kaki atau naik sepeda ontel -dibandingkan dengan kendaraan mesin- serasa ada jarak, tak hanya menyangkut kilometer, tapi juga status.
   Ketika naik motor, mereka yang berjalan kaki dan sepeda begitu mudah anda tinggalkan. Dari kaca helm, anda melihat mobil yang berbaris macet dapat dilewati begitu saja. Kalau tidak hujan, pengendara motor memang serasa menjadi raja di jalanan. Kalau mobil itu menghalangi, anda akan memaki,"Orang kaya kok jalannya gak tau aturan, gak berpendidikan, ngalah dong?".
   Begitu anda memegang stir mobil. Melihat pejalan kaki dan sepeda serasa dari peradaban lain. di kabin mobil yang ber-AC dan wangi, tak ada keringat yang mengalir, sejuk. Ketika macetpun anda bisa berdamai dengan kemacetan. Malu rasanya serobot sana sini. ada perasaan eksklusif dan melihat keluar jendela serasa lebih. Seterusnya anda bisa bandingkan, apa yang anda lihat dari kaca Pesawat atau Kapal laut.
   Di tempat parkiran pun anda akan dibedakanberdsasrkan kendaraan. Plus pelayanan dai sebuah kantor pun akan dilihat dari kendaraan apa yang anda pakai. Trus anda bertanya, siapa yang membuat aturan seperti ini? mengapa status manusia dibedakan dari kendaraannya?.
   Sudut pandang itulah yang membedakannya. Benda yang sama dipandanga dari sisi yang berbeda, bisa mengubah kesimpulan kita akan benda itu.
   Maka bertemanlah dengan orang yang berilmu. Mintalah nasihat pada orang yang berjalanlebih dahulu di depan anda. Agar anda tak sesat oleh fatamorgana di mata anda sendiri.



Share this article :

Posting Komentar